Senin, 02 Juli 2018

Download Struktur Kurikulum SMK/MAK Tahun 2018 - Perdirjen Dikdasmen Nomor 07/D.D5/KK/2018

Struktur Kurikulum SMK/MAK Tahun 2018 - Perdirjen Dikdasmen Nomor 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) akan kami bagikan dalam kesempatan kali ini. dimana pada postingan sebelumnya telah kami informasikan tentang Spektrum Pendidikan Menengah (PMK) Tahun 2018. Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) ini memuat Muatan Nasional, Muatan Kewilayahan, dan Muatan Peminatan Kejuruan yang terdiri atas Dasar Bidang Keahlian, Dasar Program Keahlian, dan Kompetensi Keahlian serta alokasi waktu untuk tiap mata pelajaran.

Perdirjen Dikdasmen Nomor 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK/MAK Tahun 2018

Struktur Kurikulum merupakan acuan dalam penyelenggaraan pembelajaran SMK/MAK. Spektrum Keahlian SMK Tahun 2018 yang dirilis berdasarkan Perdirjen Dikdasmen No. 06/D.D5/KK/2018 tentang Spektrum Keahlian Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)/ Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sangat erat kaitannya dengan Strultur Kurikulum Tahun 2018.

Spektrum Keahlian PMK adalah jenis-jenis program pendidikan serta rambu-rambu penyelenggaraan program pendidikan pada SMK/MAK, sebagai acuan dalam membuka dan mengembangkan program pendidikannya. Jenis-jenis program pendidikan pada Spektrum Keahlian diorganisasikan dalam bentuk bidang keahlian, program keahlian, dan kompetensi keahlian, dilengkapi dengan struktur kurikulum serta ruang lingkup kompetensi untuk masing-masing kompetensi keahlian. Jadi, untuk membentuk Struktur Kurikulum kita harus mengacu pada Spektrum Keahlian SMK/MAK.

Adapun tujuan penetapan Spektrum Keahlian SMK adalah sebagai berikut:
  1. Memberikan acuan dalam pengembangan dan penyelenggaraan program pendidikan di SMK/MAK, khususnya dalam pembukaan dan penyelenggaraan bidang/program/kompetensi keahlian.
  2. Memberikan acuan dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran.
  3. Menentukan tingkat efektivitas dan relevansi pendidikan pada SMK/MAK.
  4. Memberikan acuan untuk pelaksanaan penilaian dan Akreditasi SMMK/MAK.

Selanjutnya, kami bagikan link yang dapat Anda gunakan untuk mengunduh file Perdirjen Dikdasmen No. 07/D.D5/KK/2018 yang dikeluarkan pada tanggal 7 Juni 2018 tentang Struktur Kurikulum SMK/MAK Tahun Ajaran 2018/2019 sebagai berikut.

Download Struktur Kurikulum SMK/MAK Tahun Ajaran 2018/2019



Download Juga !!!

Load disqus comments

0 komentar