Jumat, 22 Juni 2018

RPP Bahasa Sunda SMK Kelas X,XI,XII Kurikulum 2013 Update 2018 

RPP Bahasa Sunda SMK Kelas X,XI,XII Kurikulum 2013 Update 2018 ini merupakan file terbaru yang akan kami bagikan kepada Bapak/Ibu yang mengampu mata pelajaran Bahasa Sunda untuk jenjang SMK/MAK. RPP atau Rencara Pelaksanaan Pembelajaran adalah administrasi wajib bagi guru sebelum mengajar. Download RPP Bahasa Sunda SMK Kurikulum 2013 ini untuk melengkapi administrasi anda sebagai guru SMK dalam mempersiapkan diri untuk mengajar di Tahun Ajaran 2018/2019 yang akan dimulai pada tanggal 16 Juli 2018 mendatang.

RPP Bahasa Sunda SMK Kelas X,XI,XII Kurikulum 2013 Update 2018

Tidak hanya sekedar administrasi, tetapi juga sebagai perencanaan anda dalam mengajar dikelas. RPP Bahasa Sunda ini dapat anda terapkan langsung hanya dengan mengganti datanya saja, tetapi lebih bagus lagi jika ini hanya sekedar referensi untuk anda membuat RPP Bahasa Sunda SMK Kurikulum 2013 sendiri. File ini kami sediakan untuk semua kelas mulai dari RPP Bahasa Sunda Kelas X Kurikulum 2013, RPP Bahasa Sunda Kelas XI Kurikulum 2013, dan RPP Bahasa Sunda Kelas XII Kurikulum 2013.

Dalam penyusunan RPP perlu menekankan prinsip penyusunan dan langkah - langkah dalam membuat RPP sebagai berikut: 
  • Perbedaan individual siswa antara lain kemampuan awal, tingkat intelektual, bakat, potensi, minat, motivasi belajar, kemampuan sosial, emosi, gaya belajar, kebutuhan khusus, kecepatan belajar, latar belakang budaya, norma, nilai, dan/atau lingkungan siswa. 
  • Partisipasi aktif siswa. 
  • Berpusat pada siswa untuk mendorong semangat belajar, motivasi, minat, 
  • kreativitas, inisiatif, inspirasi, inovasi dan kemandirian. 
  • Pengembangan budaya membaca dan menulis yang dirancang untuk mengembangkan kegemaran membaca, pemahaman beragam bacaan, dan berekspresi dalam berbagai bentuk tulisan. 
  • Pemberian umpan balik dan tindak lanjut RPP memuat rancangan program pemberian umpan balik positif, penguatan, pengayaan, dan remedi. 
  • Penekanan pada keterkaitan dan keterpaduan antara KD, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator pencapaian kompetensi, penilaian, dan sumber belajar dalam satu keutuhan pengalaman belajar. 
  • Mengakomodasi pembelajaran tematik-terpadu, keterpaduan lintas mata pelajaran, lintas aspek belajar, dan keragaman budaya. Penerapan teknologi informasi dan komunikasi secara terintegrasi, sistematis, dan efektif sesuai dengan situasi dan kondisi
Langkah penyusunan RPP
  • Mengkaji silabus (dengan adanya Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016, maka  silabus dikembangkan oleh guru mengacu pada komponen yang tercantum pada  Permendikbud tersebut) (lihat Panduan Pengembangan Silabus). 
  • Melakukan analisis keterkaitan SKL, KI, KD dalam rangka merumuskan IPK, materi  pembelajaran, kegiatan  pembelajaran, dan rencana penilaian sesuai dengan muatan KD.  Untuk mata pelajaran Agama dan PPKn merumuskan IPK dari pasangan KD pada  KI-1, KD pada KI-2, KD pada KI 3, dan KD pada KI 4, sedangkan mata pelajaran lain  IPK dari pasangan KD pada KI 3 dan KD pada KI 4 (lihat Panduan Analisis  Keterkaitan SKL, KI, dan KD) 
  • Menentukan alokasi waktu untuk setiap pertemuan. Penentuan ini berdasarkan hasil   analisis waktu yang dibutuhkan untuk pencapaian tiap IPK dan disesuaikan dengan karakteristik siswa di satuan pendidikan. 
  • Merumuskan tujuan pembelajaran. Tujuan pembelajaran dirumuskan berdasarkan  KD dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur  yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Menyusun materi pembelajaran. Materi pembelajaran dapat berasal dari buku teks  pelajaran, buku panduan guru, sumber belajar lain berupa muatan lokal, materi  kekinian, atau konteks pembelajaran dari lingkungan sekitar. Materi pembelajaran  ini kemudian dikelompokkan menjadi materi untuk pembelajaran reguler, pengayaan, dan remedial. 
  • Menentukan Pendekatan/Model/Metode Pembelajaran yang sesuai. 
  • Menentukan media, alat, bahan yang digunakan dalam proses pembelajaran. 
  • Memastikan sumber belajar yang dijadikan referensi yang akan digunakan dalam 
  • langkah penjabaran proses pembelajaran. 
  • Menjabarkan langkah-langkah pembelajaran ke dalam bentuk yang lebih operasional 
  • (mengutamakan pembelajaran aktif/active leaning). 
  • Mengembangkan penilaian proses dan hasil belajar meliputi lingkup, teknik, dan instrumen penilaian, serta pedoman penskoran (lihat Panduan Penilaian

Baca Juga:
Silabus Bahasa Sunda SMK Kurikulum 2013
Prota dan Prosem Bahasa Sunda SMK Kurikulum 2013

Bapak/Ibu dapat langsung mengunduh file nya pada link yang sudah kami sediakan di bawah ini:

Load disqus comments

0 komentar